Unknown


Banyak cara yang bisa dilakukan agar sang ayah bisa semakin aktif berinteraksi dengan anak. Berikut tips-tipsnya :
1.      Ikut aktif merawat bayi
Kebiasaan aktif sang ayah dalam merawat bayi akan terbentuk jika dimulai dari awal kelahiran. Bayi semakin merasakan kehadiran ayahnya, mengenali sosok wajah ayahnya,  suara ayah dan bau ayahnya. Dengan demikian hubungan emosional akan terjalin dengan baik.
2.      Bermain bersama
Luangkan waktu bersama sang anak untuk bermain. Dan ciptakanlah permainan-permainan yang menyenangkan dan mendidik ketika masa pertumbuhannya.
3.      Terlibat dalam kehidupan sosial anak
Ketika anak mulai beranjak remaja, kenali kehidupan sosialnya. Missal siapa nama teman-temannya, dengan siapa biasa bergaul, dan nama guru yang mengajar di sekolahnya.
4.      Jadilah pendengar yang baik
Kesibukan bekerja kadang menyebabkan ayah mengabaikan cerita-cerita dari sang anak. Luangkan waktu, dengan menjadi pendengar baik maka anak merasa nyaman untuk sharing dan dapat mengekspresikan dari apa yang dikatakannya.
5.      Komunikasi yang baik
6.      Percayai anak dan berikan kebebasan
Kepercayaan akan menjadikan anak untuk tumbuh percaya diri dan mandiri. Jangan mendekte anak untuk melakukan suatu hal A, namun berikan pilihan untuk melakukan hal A atau B. Agar anak dapat belajar mengambil keputusan dan mengerti resiko yang didapat.
7.      Penuhilah sesuai kebutuhannya
Jangan anggap anak itu selalu masih kecil. Perlakukan dia sesuai usianya. Maka kebutuhanpun akan semakin bertambah seiring bertambah usia.

Label: edit post
0 Responses

Posting Komentar