Unknown


Tidur sejenak di siang hari-hari baik dipertengahan hari atau sebelum ashar disunnahkan sebagaimana dicontohkan Rasulullah saw. Hal ini dimaksudkan untuk mengembalikan staminanya sehingga bersemangat dalam menghadapi kehidupan, juga membantu meringankan untuk bangun dan sholat tahajud. (Muhammad bin shaleh ali Ishaq dalam buku Kaifa Tatahammasu Li Qiyam al-Lail).
Tidur sejenak pada siang hari tidak hanya dianjurkan oleh pakar kesehatan namun oleh Rasulullah pada jauh-jauh hari sebelumnya. Sebab pada siang hari setan tidak tidur meskipun itu hanya sebentar. Ketika itulah, setan selalu menggoda manusia. Karena itu agar terhindar dari godaan setan maka tidur siang di siang hari sangatlah baik. Waktu tidur siang yang baik antara jam 13.00 – 16.00.
Sebuah penelitian para ahli dari Universitas Harvard, AS menunjukkan bahwa tidur sejenak pada siang hari dapat meningkatkan daya ingat dan kemampuan untuk memahami masalah. Namun jika tidur siang itu benar-benar berkualitas. Yakni saat tidur peneliti memeriksa gelombang otak mereka untuk mengetahui kualitas tidur seseorang. Dalam hal ini, ada 2 fase tidur yang mungkin dilalui, yaitu tidur gelombang lambat dan tidur yang lebih dalam dimana terlihat gerakan mata yang cepat. Dalam gerakan mata yang cepat biasanya mereka mengalami mimpi. Dan jika seseorang dapat melewati 2 fase tersebut dalam tidur maka dapat disebut dengan tidur yang berkualitas.
Pada buku “Sleeps and Alertness : Chronological, Behavioral and medical Aspect of Napping ” karangan David F Dinges and Roger J Broughton menyatakan bahwa jika seseorang secara rutin tidur 30 menit pada waktu siang hari maka mempunyai resiko mengidap sakit jantung 30% lebih rendah daripada mereka yang tidak melakukannya.
 Karena itu agar kesehatan kita tetap terjaga dan kemampuan bekerja bagus maka tidur siang sangat dianjurkan.  (Sumber : Hidayah edisi 58)

Label: edit post
0 Responses

Posting Komentar