Unknown


Orang Jawa mempunyai beragam obat untuk menyembuhkan penyakit, dari yang penyakit ringan sampai  penyakit berat. Dan bahannyapun menggunakan bahan ramuan tradisional yakni alami. Dan proses penyembuhannyapun tidak dalam waktu sekejap melainkan secara perlahan-lahan. Salah satunya  yakni obat luka pada kulit yang biasa disebut orang Jawa dengan ”Kicik’an”, obat ini dapat digunkan pada kulit yang terkena goresan, luka bakar, dan luka setelah kecelakaan. Cara membuatnya :
1.  Siapkan bahan bawang merah 3 siung, santan kental 20ml dari kelapa yang masih segar.
2.   Kupas bawang merah dari kulitnya, lalu potong bawang merah tipis-tipis (atau bisa dicincang)
3.   Taruh bawang merah yang telah dipotong tipis-tipis di sendok sayur yang terbuat dari alumunium.
4.   Lalu tuangkan santan kental pada sendok sayur tersebut, aduk di atas sendok sayur agar santan       tercampur dengan bawang merah.
5. Panaskan sendok sayur yang berisi bahan di atas api sampai mendidih, dengan posisi pegangan tangan sendok dipegang dan dilapisi kain agar tidak panas.
6.  Jika sudah mendidih taruh ditempat yang aman untuk didinginkan.
7.  Jika sudah dingin akan muncul seperti cairan minyak pada bahan tersebut, dan minyak itulah yang dapat digunkan untuk obat luka pada kulit.
8.   Pemakaiannya oleskan minyak tersebut secara rutin 2x sehari pada bagian kulit yang luka.
 
Jika ingin pembuatan dalam jumlah yang banyak, tambah ukuran berat pada bahan. Manfaat dari obat ini ialah luka pada kulit akan kering, tidak menimbulkan bekas pada kulit. Obat ini hanya digunkan pada luka yang masih basah, bukan untuk luka yang sudah kering dan terjadi lama. Dan obat ini tidak berbahaya karena terbuat dari bahan yang alami.
Selamat mencoba ….   

By : Endah Rosalia Dewi

Label: edit post
0 Responses

Posting Komentar