Unknown
Kangkung Air
Kangkung Darat













 Tanaman kangkung yang mempunyai nama ilmiah Ipomea aquatica ini merupakan salah satu sayuran kegemaran orang Indonesia. Karena rasanya yang lezat dan menyehatkan ini. Apalagi kalau dimasak “eseng-eseng kangkung”, hmmm pasti tambah menggiurkan rasanya. Tapi jangan asal makan lho, ternyata tanaman kangkung ada yang berbahaya untuk kesehatan tubuh kita. Namun bahaya ini bukan dari kandungan tanaman kangkung itu sendiri, melainkan dari kandungan yang diserap oleh tanaman kangkung. Khususnya pada tanaman kangkung air.
Perlu diketahui tanaman kangkung itu ada 2 macam, yaitu kangkung air dan kangkung darat. Dari 2 macam kangkung tersebut sana-sama bisa diolah untuk jadi makanan. Tapi resiko berbahaya cenderung ada pada kangkung air. Karena kangkung air kebanyakan tumbuh di sungai, kadang orang sering membuang limbah rumah tangga maupun limbah industri ke sungai tersebut. Kandungan yang ada pada limbah yaitu berupa Ag, Cu, Mn, dan masih banyak kandungan lain yang membahayakan bagi tubuh kita. Nantinya kandungan dari limbah-limbah tersebut akan diserap oleh tanaman kangkung air dan kandungan yang membahayakan tubuh bernaung pada tanaman kangkung air tersebut. Walaupun kangkung sudah diolah sedemikian rupa, dimasak, dipanaskan namun tidak menjamin kandungan berbahaya dari kangkung air hilang. Tidak mau kan kangkung yang mempunyai kandungan berbahaya masuk ke dalam tubuh kita yang sehat ini,,, ?? jadi gak sehat dong nanti,, maka dari itu kita harus selektif memilih makanan untuk tubuh kita ini.
Tapi jangan kuatir untuk penggemar sayuran kangkung, karena kita masih bisa makan sayuran kangkung tetapi kangkung darat yang tidak kalah lezatnya tidak berbahaya. Kalau masih bingung, ini cara membedakan kangkung air dan darat : 

Kangkung Air
Kangkung Darat
Batangnya tebal dan besar, mempunyai diameter besar batangnya.
Batangnya tipis dan kecil
Daunnya besar dan bentuknya melebar
Daunnya kecil, tidak lebar dan bentuknya memanjang
Tanaman merambat
Tanaman ada yang merambat dan ada yang tegak

Semoga informasi ini bermanfaat, dan sayangi tubuhmu dengan makan sayuran yang bergizi. . J

By : Endah Rosalia Dewi


Label: edit post
0 Responses

Posting Komentar