Unknown


KHASIAT SIWAK
Banyak hadist yang menyatakan keutamaan siwak, terutama dalam beribadah. Dalam satu hadist disebutkan, “Senantiasalah kalian mempergunakan siwak karena dalam bersiwak itu terdapat 24 derajat, yang salah satu derajat itu menyebut keridhaan Tuhan dan ditingkatkan pahala shalatnya menjadi 77 kali lipat”.
Memang bersiwak masih ada perbedaan pendapat dari para ulama, apakah sama pahala bersikat gigi dengan bersiwak? Sebagian ada yang berpendapat tidak  sama sebab bersiwak itubernilai ibadah yang tidak tergantikan dengan sikat gigi. Maka dari itu bersiwak bernilai ibadah.
Dalam sabda Rasulullah disebutkan ”Empat hal yang menjadi sunnah para Rasul adalah berkhitan, bersiwak, memakai  wewangian, dan menikah”.
Dan khasiat siwak itu sendiri yaitu :
1.    Semakin majunya ilmu pengetahuan muncullah pasta gigi yang berbahan zat kimia, namun demikian tidak lantas dengan pasta gigi tidak akan timbul masalah. Misalnya bau mulut tidak segar, gusi berdarah, dan lain-lain terlebih jika masih ada yang bersarang di sela-sela gigi.
Berbeda dengan siwak, sebuah penelitian menunjukkan bahwa siwak mempunyai zat anti bakteri yang mampu mengurangi jumlah bakteri di dalam mulut. Sehingga gigi sehat dan tidak mudah berlubang.
2.    Siwak mengandung banyak mineral diantaranya : Natrium Klorida, Kalium, Sodium Bikarbonat, dan kalsium Oksida yang berfungsi membersihkan gigi. Selain mineral siwak juga mengandung trimetil amine, klorida, fluoride, dan silika.
3.    Pada siwak terdapat enzim yang dapat mencegah penyakit gusi.

Siwak dapat menggunakan kayu Zaitun, dan pohon Araq. Karena kayutersebut dapat mengharumkan mulut. Bau harum dan rasanya yang enak timbul dari minyak alamiah yang berjumlah 1% dari  seluruh komposisi yang dikandungnya. Dan dari penelitian pula bahwa siwak berasal dari  pohon Salvadore Persica yang tumbuh disekitar kota Mekah dan Timur Tengah.

Jadi apa salahnya  sekarang kita mencoba untuk bersiwak,,, J sekarang juga sudah banyak yang dijual di toko-toko Indonesia. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba,, ;-)

(sumber : Majalah Hidayah edisi 58)



Label: edit post
0 Responses

Posting Komentar